Rabu, 12 Agustus 2015

15 TEMPAT WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI SEMARANG

1. GEDUNG SONGO
Untuk menempuhnya, diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang naik, dan kemiringannya sangat tajam (rata-rata mencapai 40 derajat). Lokasi candi juga dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari obyek wisata Bandungan. Berikut daftar jarak tempuh menuju candi ini.
  • Gedong Songo - Ungaran : 25 km
  • Gedong Songo - Ambarawa : 15 km
  • Gedong Songo - Semarang : 45 km
FASILITAS
1. Pemandian Air Hangan 
2. Belerang
3. Candi sebanyak 9
4. Berkuda
      

2. CURUG LAWE

Curug Lawe adalah air terjun yang berada di Kawasan Gunung Ungaran diSemarang. Di Curug Lawe airnya benar-benar bersih dan tentu kondisi alam di sekitarnya sangat indah.Terletak tidak jauh dari pusat kota Semarang tepatnya di Desa Kalisidi, Sekarang Gunung Pati, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah.

Berjarak 12 km dari kota Semarang atau 7 km dari kota Ungaran. Dari Ungaran (alun-alun) mengambil arah ke Mapagan melalui jalan tembus ke Boja. Sesampainya di Boja ambil belokan ke kiri di desa Sumur Gunung yang ternyata juga tidak terlalu jauh dari kampus Unnes sekarang Gunung Pati. Kondisi jalan dari Ungaran ke desa Kalisidi sudah beraspal. Selanjutnya dari pertigaan Sumur Gunung tersebut diteruskan ke arah selatan hingga perkebunan cengkeh zanzibar sekitar 3 kilometeran dengan kondisi jalan makadam menanjak dengan kemiringan bervariasi antara 25-45 persen. Sesampai di perkebunan ini bagi yang membawa kendaraan dapat memarkirkan kendaraannya di dekat geust house.

Jarak dari tempat parkir ke dua curug lumayan jauh sekitar 30 menit berjalan kaki dengan kondisi jalan setapak yang relatif datar, hanya sedikit terdapat tanjakan yang tidak berarti. Ada dua jalur menuju ke sana yaitu jalur lama dan jalur baru. Jika melewati jalur lama akan melewati saluran dan jembatan irigasi denga sisi kiri adalah jurang yang sangat curam. Sedangkan jika menggunakan jalur baru akan melewati Sendang Pengantin kemudian turun ke arah bendungan melewati pinggiran sungai.

Setelah itu kira-kira 10 menit dari bendungan akan ditemui 2 percabangan, kiri menuju Curug Lawe dan kanan menuju Curug Benowo, tapi sekarang ada jalan tembus langsung dari dan ke dua curug tersebut tanpa kembali ke percabangan semula.
   

3. LAWANG SEWU
Lawang Sewu (bahasa Indonesia: seribu pintu) adalah gedung gedung bersejarah di Indonesia yang berlokasi di Kota SemarangJawa Tengah. Gedung ini, dahulu yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebutWilhelminaplein. Jika anda berkunjung ke lawang sewu anda akan merasakan keindahan sebuah arsitektur bangunan dan jika anda tuurun ke ruang bawah tanah / penjara bawah tanah anda akan tertakjub.
  
 RUANG BAWAH TANAH
  


4. MASJID AGUNG SEMARANG JAWA TENGAH
Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid yang terletak di Semarang, provinsi Jawa Tengah,Indonesia.
Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 hingga selesai secara keseluruhan pada tahun 2006. Masjid ini berdiri di atas lahan 10 hektare. Masjid Agung diresmikan oleh Presiden IndonesiaSusilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) merupakan masjid provinsi bagi provinsi Jawa Tengah.
Masjid Agung Jawa Tengah ini, selain disiapkan sebagai tempat ibadah, juga dipersiapkan sebagai objek wisata religius. Untuk menunjang tujuan tersebut, Masjid Agung ini dilengkapi dengan wisma penginapan dengan kapasitas 23 kamar berbagai kelas, sehingga para peziarah yang ingin bermalam bisa memanfaatkan fasilitas.
Daya tarik lain dari masjid ini adalah Menara Al Husna atau Al Husna Tower yang tingginya 99 meter. Bagian dasar dari menara ini terdapat Studio Radio Dais (Dakwah Islam). Sedangkan di lantai 2 dan lantai 3 digunakan sebagai Museum Kebudayaan Islam, dan di lantai 18 terdapat Kafe Muslim yang dapat berputar 360 derajat. Lantai 19 untuk menara pandang, dilengkapi 5 teropong yang bisa melihat kota Semarang. Pada awal Ramadhan 1427 H lalu, teropong di masjid ini untuk pertama kalinya digunakan untuk melihat Rukyatul Hilal oleh Tim Rukyah Jawa Tengah dengan menggunakan teropong canggih dari Boscha.

FasilitaS

Menara Asmaul Husna setinggi 99 meter di area MAJT
Di dalam area MAJT terdapat Menara Asma Al-Husna Setinggi 99 Meter terdiri dari : lantai 1 untuk Studio Radio DAIS MAJT, lantai 2 untuk museum Perkembangan Islam Jawa Tengah, Lantai 18 rumah makan berputar, lantai 19 Gardu pandang kota Semarang dan lantai 19 Tempat rukyat al-hilal.
Area serambi Masjid Agung Jawa Tengah dilengkapi 6 payung raksasa otomatis seperti yang ada diMasjid Nabawi, Tinggi masing masing payung elektrik adalah 20 meter dengan diameter 14 meter. Payung elektrik dibuka setiap shalat Jumat, Idul Fitri dan Idul Adha dengan catatan kondisi angin tidak melebihi 200 knot, namun jika pengunjung ada yang ingin melihat proses mengembangnya payung tersebut bisa menghubungi pengurus masjid.
MAJT memiliki koleksi Al Quran raksasa berukuran 145 x 95 cm². Ditulis tangan oleh Drs. Khyatudin, dari Pondok Pesantren Al-Asyariyyah, Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo. Lokasi berada di dalam ruang utama tempat shalat. Bedug raksasa berukuran panjang 310 cm, diameter 220 cm. Merupakan replika bedug Pendowo Purworejo. Dibuat oleh para santri pondok pesantren Alfalah,Tinggarjaya, Jatilawang, Banyumas, asuhan KH Ahmad Sobri, menggunakan kulit lembu Australia.
Tongkat khatib MAJT merupakan tongkat pemberian Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darusalam.
  
 PAYUNG MASJID AGUNG JIKA DIBUKA
  
  

5. UMBUL SIDO MUKTI
elusuri Keindahan Alam Umbul Sidomukti di Semarang! apakah ini umbul sama seperti umbul ponggok di klaten buat bermain air? tentu saja tidak! di umbul ini memiliki keindahan alam yang sangat keren dan tempat outbond paling keren di semarang. terus dimana lokasi tepatnya umbul sidomukti?
Umbbul Sidomukti ini berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Umbul Sidomukti dapat di tempuh dari arah Semarang menuju Solo, sampai menemukan pom bensin lemah abang yang ada di sisi kiri jalan, kemudian para penelusur belok kanan menuju ke arah bandungan. Setelah sampai di pasar Jimbaran yang ada di sisi kiri, nanti akan ada gang yang bertuliskan sidomukti di sebelah kanan jalan dengan jalan yang menanjak. Jangan takut kalau sekiranya tersesat, di sepanjang jalan ini ada papan papan kecil penunjuk jalan ke umbul sidomukti Bandungan Semarang. Oh ya, kalau kesini jangan menggunakan bus besar, soalnya nggak bakal muat, karna jalannan yang sempit. Paling hanya bisa buat mobil-mobil mini bus.
Tidak hanya umbul saja yang berada di lokasi ini ada juga fasilitas out bound training, lokasi bermain game yang tentu saja memacu adrenalin para penelusur, taman renang yang sangat bernuansa alam, lokasi camping, pondok wisata, pondok lesehan, meeting room dan ada juga kolam renang bertingkat. Yang membedakan kolam bertingkat ini adalah  kedalamannya. Air dari kolam renang atau umbul ini berasal dari mata air yang tidak pernah kering sepanjang tahunnya! Desain kolamnya pun unik. Tidak seperti kolam pada umunya yang hanya menggunakan keramik pada setiap dingingnya, namun di umbul sidomukti ini berbentuk bulat dengan menggunakan batu alam pada setiap sisinya. Saat berenang pun para penelusur akan di suguhi keindahan alam penggunungan yang masih sejuk dan alami. Kawasan umbul sidomukti ini sendiri berada pada ketinggan 1200m dapl, yang membuat hawa di sekitaran segar. Sangat sempura bagi para penelusur yang ingin bersantai di akhir pekan.Jika para penelusur bosan bermain air di kolam atau lupa membawa baju ganti, tenang saja. Di lokasi ini ada wahana Flying Fox dengan panjang lintasan yang mencapai 110  meter dengan jarak paling tinggi dari permukaan tanah sekitar 70 meter! sangat tepat bagi para penelusur yang menginginkan wisata andrenalin. Dengan biaya hanya 12.000 per orang, para penelusur bisa menikmati wahana ini dengan gaya terlungkup seperti superman yang sedang terbang, atau memilih gaya duduk biasa. tidak mahal juga kan?
Selain itu, para penelusur bisa juga beroff-road mengelilingi lokasi desa wisata sidomukti dan melintasi berbagai macam perkebunan yang ada di sekitar menggunakan atv. Dengan biaya 15.000-20.000 anda bisa bersenang-senang menggunakan atv di lokasi ini. namun tetap hati-hati ya!
Setelah puas atau capek bermain, para penelusur bisa juga mendirikan tenda di tanah lapang yang berada di desa wisata sidomukti ini.  Atau kalau para penelusur malas menggunakan tenda, bisa juga menyewa penginapan dengan fasilitas yang nggak kalah dengan hotel berbintang.
Dengan hanya mengeluarkan uang sebesar 4.000 per orang pada hari biasa dan 5.000 di hari minggu atau hari libur, para penelusur sudah bisa memasuki lokasi desa wisata sidomukti dengan umbulnya yang sangat keren!
oh ya, selain tiket peR orang, pengelola juga menyediakan paket per 20 orang untuk yang berrombongan atau untuk membuat event di lokasi ini.
  
  
  
 
6. JIMBARAN
Berada di lereng Gunung Ungaran, Sekitar 7 KM dari jalan raya Soekarno – Hatta, 15 KM dari Ungaran. Kolam Pemancingan Jimbaran Bandungan Kab Semarang ini merupakan salah satualternatif Wisata kuliner warga Semarang dan sekitarnya. Sangat ramai di hari Minggu atau hari libur, hari Sabtu atau terlebih hari biasa, tak terlalu ramai.
Ada banyak Kolam Pancing di Taman Pemancingan Blater Jimbaran ini, yang paling ramai Suharno, Suharno pun ada dua, Suharno 1 dan Suharno 2. Harga menu di Suharno 1 [Mei 2012] sebagai berikut, Gurami bakar atau goreng 50 ribu, Nila bakar atau goreng 30 ribu sedangkan Lele lebih murah 25 ribuan.
 
7. TEMPAT NONGKRONG 'TAMAN KB'
Taman KB yang terletak di Jalan Menteri Soepeno Kota Semarang tepat di depan SMA 1 Semarang merupakan salah satu taman yang ada di jantung Kota Semarang yang masih menarik bagi sebagian masyarakat untuk dijadikan sebagai tempat untuk sekedar bersantai sejenak melepas kepenatan dari rutinitas kerja sehari-hari. Di Taman KB yang banyak ditumbuhi pepohonan senantiasa memberi kenyamanan tersendiri dengan semilirnya angin yang menjadikan suasana menjadi adem dan nyaman.
Dan untuk lebih menarik masyakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang baru saja melakukan pembenahan terhadap taman yang terletak tak jauh dari Kantor Gubernur Jawa Tengah ini. Dengan anggaran yang cukup besar Taman KB dibuat lebih nyaman lagi dan dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung baru seperti arena bermain untuk anak-anak, jalur lantai refleksiologi bagi para pejalan kaki, area yang dapat digunakan untuk pentas seni dan juga tempat duduk dan lampu taman yang diperbanyak.
Kolam yang terletak tepat di tengah taman pun tak luput dari pembenahan. Kolam dibuat lebih besar dan muncratan air mancur yang terdapat di kolam tersebut diubah menjadi lebih menarik dari sebelumnya. Saat ini arah muncratan air mancur dibuat lebih bervariasi sehingga menambah semarak kolam yang di tengahnya terdapat patung seorang ibu bersama dua anaknya.
Dengan adanya arena bermain untuk anak-anak di Taman KB menjadikan anak-anak semakin nyaman dan betah untuk berlama-lama bermain di tengah semilirnya angin di Taman KB. Arena bermain yang terletak di sisi barat Taman KB seperti perosotan, ayunan dan arena ketangkasan lainnya menjadikan taman yang berlokasi tak jauh dari Kawasan Simpang Lima ini sekarang juga banyak dikunjungi masyarakat yang mengajak buah hatinya untuk bermain. Terlebih arena bermain untuk anak-anak ini dikelilingi pepohonan yang cukup rindang yang membuat arena bermain tersebut menjadi adem dan nyaman untuk bermain anak-anak.
Sementara itu di sisi timur Taman KB kini juga dilengkapi dengan jalur lantai refleksiologi bagi para pejalan kaki. Di jalur lantai ini dilengkapi dengan pegangan tangan untuk berjalan di jalan yang berbatu. Batu-batu kecil yang ada di jalan area tersebut disusun sedemikian rupa dengan pola yang menarik dan tetap bermanfaat untuk refleksiologi bagi pejalan kaki.
Fasilitas baru lainnya yang terdapat di Taman KB adalah area yang dapat digunakan untuk bermacam kegiatan seperti pentas seni dan lain sebagainya bagi masyarakat luas. Ada empat area semacam ini dengan ukuran yang berbeda-beda. Area yang masing-masing dilengkapi dengan tempat duduk ini masing-masing terletak di sisi barat, sisi utara, sisi timur dan sisi selatan taman. Area yang paling besar terletak di sisi barat taman dan area paling kecil terletak di sisi timur taman. Sedangkan area yang terletak di sisi utara dan sisi selatan dengan ukuran yang sedang.
Untuk menambah kenyamanan bagi masyarakat kini Taman KB juga dilengkapi dengan lebih banyak tempat duduk yang terletak hampir di setiap sudut taman. Dan untuk menikmati beragam fasilitas yang ada di taman pun dibuat semacam tegel yang tertata dengan rapi di tanah sebagai pijakan kaki untuk berjalan. Selain itu lampu-lampu yang ada di taman juga diperbanyak jumlahnya sehingga tetap memberikan kenyamanan saat berada di Taman KB ketika malam hari. Beragam fasilitas baru yang telah dibangun oleh Pemkot Semarang di Taman KB hendaknya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan menjaganya agar keberadaan Taman KB tetap menjadi salah satu taman yang nyaman untuk dikunjungi. *
  
  

8. KOTA LAMA

Kota Lama Semarang adalah suatu kawasan di Semarang yang menjadi pusat perdagangan pada abad 19-20 . Pada masa itu, untuk mengamankan warga dan wilayahnya, maka kawasan itu dibangun benteng, yang dinamai benteng Vijhoek. Untuk mempercepat jalur perhubungan antar ketiga pintu gerbang dibenteng itu maka dibuat jalan-jalan perhubungan, dengan jalan utamanya dinamai : Heeren Straat. Saat ini bernama Jl. Let Jen Soeprapto. Salah satu lokasi pintu benteng yang ada sampai saat ini adalah Jembatan Berok, yang disebut De Zuider Por.[1]
Kawasan Kota Lama Semarang disebut juga Outstadt. Luas kawasan ini sekitar 31 hektare. Dilihat dari kondisi geografi, nampak bahwa kawasan ini terpisah dengan daerah sekitarnya, sehingga nampak seperti kota tersendiri, sehingga mendapat julukan "Little Netherland". Kawasan Kota Lama Semarang ini merupakan saksi bisu sejarah Indonesia masa kolonial Belanda lebih dari 2 abad, dan lokasinya berdampingan dengan kawasan ekonomi. Di tempat ini ada sekitar 50 bangunan kuno yang masih berdiri dengan kokoh dan mempunyai sejarah Kolonialisme di Semarang. ==Bangunan di Kota Lama Semarang==Secara umum karakter bangunan di wilayah ini mengikuti bangunan-bangunan di benua Eropa sekitar tahun 1700-an. Hal ini bisa dilihat dari detail bangunan yang khas dan ornamen-ornamen yang identik dengan gaya Eropa. Seperti ukuran pintu dan jendela yang luar biasa besar, penggunaan kaca-kaca berwarna, bentuk atap yang unik, sampai adanya ruang bawah tanah
Seperti kota-kota lainnya yang berada di bawah pemerintahan kolonial Belanda, dibangun pula benteng sebagai pusat militer. Benteng ini berbentuk segi lima dan pertama kali dibangun di sisi barat kota lama Semarang saat ini. Benteng ini hanya memiliki satu gerbang di sisi selatannya dan lima menara pengawas. Masing-masing menara diberinama: Zeeland, Amsterdam, Utrecht, Raamsdonk dan Bunschoten. Pemerintah Belanda memindahkan pemukiman Cina pada tahun 1731 di dekat pemukiman Belanda, untuk memudahkan penga- wasan terhadap segala aktifitas orang Cina. Oleh sebab itu, Benteng tidak hanya sebagai pusat militer, namun juga sebagai menara pengawas bagi segala aktifitas kegiatan orang Cina.
  
  
  
  
8. KEBUN BINATANG MANGKANG
Kebun Binatang Semarang atau lebih dikenal dengan nama Bonbin Semarangpertama berada di tempat yang sekarang menjadi kawasan Taman Budaya Raden Saleh dan Wonderia. Lalu pada tahun 1985 Bonbin Semarang direlokasi ke daerah Tinjomoyo. Dan pada tanggal 28 Februari 2007 Bonbin Semarang pindah lagi menempati areal baru di daerah Mangkang, tepatnya di Jl. Walisongo KM 16, seberang Terminal Mangkang. Harga tiket tanda masuk cukup terjangkau, pada Minggu / hari besar sebesar Rp 7.500,-. Bonbin Semarang ini berada di bawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Semarang. Bonbin ini merupakan Taman Margasatwa, tempat rekreasi, konservasi dan pendidikan.
  
ADA WATERBOOMNYA JUGA LOO ASIKKAN
9. KEBUN TEH MEDINI
Tak banyak orang yang tahu tentang Kebun Teh Medini. Kecuali beberapa masyarakat di sekitar Pengunungan Ungaran dan beberapa pandaki gunung. Yaa, Kebun teh Medini terletak di perbukitan pengunungan Ungaran, kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di sebelah utara atau berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Kebun Teh Medini terletak di ketinggian 1500DPL yang merupakan wilayah Kabupaten Kendal. Biasanya para pendaki yang akan melakukan perjalanan pendakian ke pengunungan Ungaran akan melewati kebun teh Medini. Ini salah satu jalur yang memang biasa di lewati oleh para Hikingers. Kerena setelah melewati kebun teh Medini para Hikingers akan beristirahat di barak yang dikenal dengan nama Promasan.
  
  ADA AIR TERJUNYA LOH
  

10. TINJOMOYO
Kawasan Hutan wisata Tinjomoyo ini terletak di  bagian selatan Kota Semarang kurang lebih 7 KM dari Tugumuda, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Lebih tepatnya didepan kampus Unika Soegijapranata Semarang. Hutan wisata Tinjomoyo dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi baik dari arah Sampangan maupun Jatingaleh.  Dan  kawasan wisata Tinjomoyo setiap hari dibuka untuk umum mulai jam 07.00 sampai jam 18.00 WIB.
   
  

  
11. BROWN CANYON
Brown Canyon Semarang merupakan tempat sebagai proyek galian C yang sudah berumur 10 tahun lebih. Dan disinilah sebagai tempat mengais rejeki bagi sebagian orang dengan melakukan penggalian pasir, penggalian tanah urug dan batu padas.
Brown Canyon sebenarnya bukanlah tempat wisata melainkan perbukitan biasa, namun karena penambangan material yang dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun ahirnya berubah wujud seperti layaknya Green Canyon yang ada di Amerika. 

Keindahan panorama alam yang eksotik membuat Brown Canyon ini menjadi salah satu obyek wisata dan tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi. Tebing-tebing yang menjulang tinggi dipadu dengan adanya pohon-pohon di puncaknya membuat tempat ini sebagai pemandangan yang sangat menarik dan sayang untuk tidak dikunjungi. 

Dikarenakan Brown Canyon sebenarnya bukanlah tempat wisata tentu saja para wisatawan harus mencari petunjuk arah sendiri, karena warga sekitar hanya tahu bahwa tempat tersebut hanyalah sebagai tempat penambangan material berupa pasir, tanah urug dan batu padas.

Brown Canyon terletak di daerah Rowosari Meteseh Tembalang Semarang, tempat yang lumayan jauh dari pusat keramaian kota Semarang. Merupakan tantangan tersendiri bagi para wisatawan yang ingin datang ke tempat ini, dimana para wisatawan dalam sepanjang perjalanannya harus bertemu dengan debu-debu yang beterbangan dan bersimpangan dengan truk-truk pengangkut bahan material.
  
  
12. WADUK JATIBARANG
Setelah empat tahun masa pembangunan, Waduk Jatibarang Semarang akhirnya mulai dioperasikan, bertepatan dengan peringatan Hari Air Dunia 5 Mei 2014, waduk dengan luas genangan 189 Ha dan luas daerah tangkapan 54 KM persegi ini mulai digenangi.
  

  
13, SAMPOKHONG
Kelenteng Gedung Batu Sam Po Kong Semarang
Kelenteng Sam Po Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Tempat ini biasa disebut Gedung Batu, karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu. Terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang.
  
  

14. JALAN PAHLAWAN
Jalan ini adalah jalan yang tidak pernah sepi,tempat ini sering dibuat tempat nongkron oleh anak anak remaja baik hari biasa/hari libur, jalan ini juga sering digunakna sebagai tempat konser band band,pada hari minggu pagi saat Car Free Day jalan ini sangat ramai.
disana ada becak lampu,ada sepeda lampu,sepatu roda dan lainnya bisa digunakan sebagai alat untuk berkeliling simpang lima
  
  
15. MALL DISEMARANG
 JAVA MALL
 PARAGON MALL
  CIPUTRA MALL
 DP MALL SEMARANG
  CITRALAND SEMARANG
  MATAHARI MALL
 SETOS MALL LAGI DIBUAT NIH..

THANKS FOR READ






2 komentar: